cover
Contact Name
Edi Sutoyo
Contact Email
redaksi@jurnalitp.web.id
Phone
+6281381694837
Journal Mail Official
redaksi@jurnalitp.web.id
Editorial Address
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia) Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27770680     DOI : https://doi.org/10.25008/jitp
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan (E-ISSN: 2777-0680) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is innovative works on the development of educational multimedia and e-learning which are effective in giving positive contributions to schools and educational institutions. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on information and communication technology (ICT) and 5 areas of educational technology as well as related topics. All articles are double blind peer-reviewed by at least two peer-reviewers. The journal invites scientists and educators throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented the whole spectrum of educational technology. The author who will submit the manuscript after the deadline for submission as long as meet the requirement for publication in this journal will process for the next issue. The paper submission and reviewing procedures in Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan will be processed with the web-based system via the Open Journal System (OJS) by Public Knowledge Project (PKP). We strongly prefer to receive manuscripts via our online submission system. With using our OJS system, authors can upload manuscript files (text, figures, and supplementary information) directly to our office and check on the status of Reviews their manuscripts during the review process.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan" : 7 Documents clear
Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Klesman Khofifah Indah Parawansa; Sri Haryanto; Pamungkas Stiya Mulyani
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.947 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v2i2.18

Abstract

Membaca adalah kemampuan yang wajib dimiliki setiap dan diharapkan siswa pandai membaca sehingga kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik. Membaca pada dasarnya suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal, karena bukan sekedar membaca saja, tetapi juga berfikir dan melibarkan aktifitas pengenalan kata, pemahaman literal, membaca kritis dan pemahaman kreatif. Menurut Crewly dan Mounain menyatakan bahwa pengenalan kata bisa berupa aktifitas membaca kata- kata dengan kamus, hal ini berarti membaca merupakan proses berfikir untuk memahami isi yang terdapat dalam teks bacaan. Pada dasarnya, pentingnya kemampuan membaca harus mendapatkan perhatian khusus dan pembelajaran dalam Pendididkan Bahasa Indonesia. Berdasarkan pengamatan pendidik, pembelajaran membaca di MI Klesman cenderung masih fokus terhadap buku bacaannya, tetapi kurang memperhatikan kecepatan kemampuan membaca anak dalam membaca maupun mengenal tulisan bukunya. Sehingga diperlukannya Teknik atau cara yang efektif dan semangat untuk memancing anak supaya lebih tertarik dalam belajar membacanya. Salah satunya yaitu menggunakan media Flashcard, dimana media ini memiliki kartu yang bergambar tulisan yang bisa digunakan sebagai permainan sehingga memungkinkan anak tertarik dan tidak merasa jenuh.dengan menggunakan media ini sangat memberikan dampak positif bagi siswa, dikarenakan dari hasil uji test terbukti hasil belajarnya sebesar 11,84 dengan tarif signifikasi sebesar 5%.
Prediksi Pertumbuhan Penduduk Di Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis Menggunakan Metode Artificial Neural Network Dinda Yassa Descania
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1088.513 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v2i2.28

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang informatika saat ini sangat banyak membawa perubahan, salah satu dalam hal pemanfaatan teknologi yaitu adanya jaringan saraf tiruan (Artificial Neural Network) yang dapat digunakan untuk memprediksi pertumbuhan penduduk disuatu tempat. Fungsi sebuah teknologi informasi untuk dapat mengolah, menghasilkan, menyimpan dan mencari kembali data. Selain itu teknologi Informasi juga dapat melakukan pemecahan masalah dalam suatu aktifitas atau pekerjaan. Pertumbuhan penduduk disetiap daerah memiliki peningkatan disetiap tahunnya dengan menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan atau Artificial Neural Network diharapkan dapat membuat suatu perkiraan dalam memprediksi tingkat pertumbuhan penduduk di Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis.
Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Bagi Peserta Didik Lailatul Hasanah; Mia Ananda Putri; Azra Henita Hanin; Wildan Saleh Siregar
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.768 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v2i2.33

Abstract

Perkembangan dunia teknologi komunikasi hari ini begitu pesat, banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan, dalam segala bidang kehidupan ikut termudahkan dengan perkembangan teknologi komunikasi, betapa hari ini manusia bisa dengan mudah bertransaksi jual beli, melakukan hubungan jarak jauh, mengakses informasi apa saja tanpa batas. Perkembangan ini juga bisa dirasakan oleh dunia pendidikan. Karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja dampak yang dirasakan dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi yang ada. Tentunya disetiap kelebihan pasti ada kekurangan, dalam setiap dampak positif yang ada mungkin juga ada dampak negatif yang secara sadar ataupun tidak yang dirasakan. Objek penelitian ini adalah pada sisi peserta didik, kemudahan apa yang dapat dirasakan peserta didik dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi, lalu apa saja dampak positif dan negatif yang didapatkan oleh peserta didik dalam penggunaan perkembangan teknologi komunikasi di dunia Pendidikan.
Monitoring & Repairing Hydroulic dan Pneumatic Menggunakan Smartphone Berbasis QR-Code di Industri Kertas PT.XXX Muhammad Helmi Kurniawan; Khusnul Khotimah Ayuningtiyas
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1927.845 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v2i2.34

Abstract

Adanya inovasi memungkinkan suatu negara mencapai peningkatan ekonomi baik melalui proses produksi atau dengan mempromosikan metode manufacturing terbarukan. Dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin bertambah pula mesin-mesin canggih yang digunakan untuk membantu proses produksi suatu industri. Mesin tersebut tentunya membutuhkan maintenance secara berkala. Sebagian besar industri terutama kertas melakukan perawatan tersebut secara manual. Oleh karena itu, diperlukan Monitoring & Repairing Hydroulic dan Pneumatic Menggunakan Smartphone Berbasis QR-Code di Industri Kertas untuk mempermudah operator atau pengguna mesin dalam melakukan cheklist secara berkala. Penelitian ini diawali dengan menyiapkan file berupa dokumen Monitoring & Repairing Hydroulic dan Pneumatic. Kemudian membuat QR-Code melalui Aplikasi Printer Brother. Dari penelitian ini diharapkan dapat mempermudah cheklist perawatan Monitoring & Repairing Hydroulic dan Pneumatic.
Penerapan Metode Prototype dalam Sistem E-Government pada Pelayanan Administrasi Kependudukan Ragel Trisudarmo
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.462 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v2i2.35

Abstract

Salah satu proses dalam meningkatkan akses dan mutu layanan publik berbasis teknologi secara langsung banyak digunakan dengan implementasi E-Government. Ruang lingkup E-Government ini meliputi interaksi antara pemerintah dan masyarakat atau Government to Citizen pelayanan publik yang dilakukan seperti administrasi kependudukan dimana rangkaian kegiatan penataan, pendokumentasian berkas dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan di pemerintahan desa meliputi pencatatan penduduk, data lahir, data kematian atau data pindah domisili serta data administrasi lainya. Penerapan E-Government tersebut diimplementasikan kedalam sistem informasi pelayanan administrasi kependudukan, dengan melayani pengajuan dari masyarakat berupa surat keterangan atau surat pengantar yang dapat di akses melalui system tersebut. Dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara observasi lapangan untuk mencari data yang diperlukan, lalu dibangun dan diimplementasikan ke dalam sistem pelayanan dengan metode prototype. Sehingga proses pembuatan atau pengajuan dan pelayanan administrasi lainya masyarakat tidak perlu datang langsung ke kantor desa, masyarakat dapat dilayani secara sistem selanjutnya menerima invoice melalui pesan singkat berupa konfirmasi bahwa surat sudah dapat digunakan.
Pengembangan Sistem E-Elearning Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di SMAN 1 Talawi Sukria Hairun Nisa; Diva Sri Wahyuni Ahmad; Ria Wulandari; M. Fauzan Febrian
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.304 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v2i2.36

Abstract

Penelitian ini menerangkan menganai sebuah pengambangan sistem E-learning Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dikembangkan dengan tujuan untuk menyediakan sebuah media pembelejaran berbasis web yang digunakan sebagai komplemen diluar jam pembelajaran bagi guru dan siswa. Sistem yang dikembangkan dalam penelitian ini menonjolkan aspek perencanaan pembelajaran yang baik sesuai dengan kurikulum satuan pendidikan yang digunakan di Indonesia  ditambah dengan fitur-fitur standar seperti yang ada pada Learning Manajament System untuk tercapainya kegiatan pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon dan penilaian guru dan siswa mengenai sistem yang dikembangkan serta kelayakan dari sistem nya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan sistem e-learning berbasis kurikulum tingkat satuan Pendidikan SMAN 1 Talawi. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. E-learning digunakan untuk proses pembelajaran melalui media elektronik yang digunakan oleh peserta didik dan pendidik. Kurikulum tingkat satuan pendidikan digunakan untuk mewujudkan kurikulum yang sesuai dengan kondisi, potensi kebutuhan dan permasalahan. Dari penelitian ini didapatkan hasil (1) hampir seluruh siswa memberikan respon yang cukup baik, (2) dari 2 guru yang mencoba sistem secara langsung didapatkan penilaian yang dapat dikategorikan baik, (3) tingkat kelayakan sistem yang diberikan oleh ahli sistem setelah melalui perbaikan dikategorikan sangat tinggi.
Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Islam di Era Remaja Milenial Meuthia Putri; Rizki Dwi Lestari; Salsabila Matondang; Nirzal Sunardi
Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.144 KB) | DOI: 10.25008/jitp.v2i2.37

Abstract

Teknologi memberi dampak bagi kehidupan.Pada tingkat teoritis teknologi mempengaruhi pola berpikir dan juga berdampak pada tindakan .Perkembangan yang di bawa oleh teknologi tidak hanya berdampak pada kehidupan di pusat kota,tetapi jugak masuk ke pedesaan.Di sisi lain teknologi memberi pemerataan informasi dalam bentuk demokratisasi data serta informasi.Dalam islam ,sumber informasi di buat oleh otoritas dengan kualifikasi khusus.Sementara itu teknologi membuat otoritas menjadi transparan .Fenomena keagamaan yang muncul sangat beragam sesuai dengan tingkat paparan teknologi yang terjadi di lingkungan.Dengan demikian yang menjadi landasan utama penelitian mengenai dampak teknologi terhadap perkembangan islam,khususnya pada studi kasus remaja milenial .Penulis menemukan adanya perubahan pemahaman yang berkenaan dengan aspek fundamental dalam islam yang sebelumnya bertitik fokus pada otoritas kea rah tekno-teologis dalam bentuk dan akse-aksenya yang baru.

Page 1 of 1 | Total Record : 7